USB Device Not Recognized windows 10 Ini Cara Mengatasinya

USB Device Not Recognized windows 10 Ini Cara Mengatasinya – Kali ini saya akan berbagi cara memperbaiki USB Device Not Recognized atau sering disebut kesalahan Perangkat USB yang tidak dikenali pada laptop atau PC Windows 10, 8.1, 8, dan 7.

Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah banyak perangkat komputer yang telah mengadopsi mode komunikasi nirkabel, namun bagaimanapun juga koneksi dengan menggunakan kabel (melalui kabel USB) adalah masih menjadi pilihan tepat untuk pengguna sebahagian besar.

Contohnya seperti mouse, hard-disk eksternal, kamera, atau perangkat Android Anda, semuanya masih membutuhkan koneksi USB ini untuk berinteraksi dan terhubung dengan PC Anda.

Namun, dalam beberapa kasus, Anda mungkin harus menghadapi beberapa masalah ketika ingin menyambungkan mouse atau keyboard di laptop atau PC Anda.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Laptop Untuk Editing Video

Jika itu terjadi, Anda mungkin akan mendapatkan notofikas melalui pop-up bawa USB Device Not Recognized atau sering disebut Perangkat USB tidak dikenali. Kalau anda sudah mendapat notifikasi sepertinya maka secara otomatis ketika kamu sambungkan ke komputer ini tidak berfungsi.

USB Device Not Recognized

Sayangnya, pesan ini tidak memberikan gambaran yang jelas tentang akar penyebab masalah yang mendasari atau langkah-langkah untuk memperbaikinya.

Namun kamu tidak usah hawatir, karena ada beberapa solusi praktis yang diketahui untuk memperbaiki kesalahan ini. Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat.

Langkah Awal Mengatasi USB Device Not Recognized

Sebelum melanjutkan dengan yang lanjutan, berikut adalah beberapa metode yang mungkin saja berhasil dalam kasus Anda.

  • Pertama, cabut dulu colokan mouse atau lainnya dari perangkat kamu lalu nyalakan ulang (restart) PC atau laptop Anda. Setelah boot, tunggu beberapa menit dan kemudian hubungkan kembali perangkat mouse atau lainnya melalui kabel USB ke PC / laptop dan lihat apakah masalah telah diperbaiki atau belum.
  • Selain itu, disarankan untuk menggunakan kabel yang disertakan dengan perangkat itu sendiri, maksudnya kabel ori yang sepaket didalam laptop atau pc km. Jika perangkat Anda tidak dilengkapi dengan kabel USB, pastikan Anda menggunakan kabel yang diproduksi oleh merek yang dapat dipercaya.
  • Coba hubungkan perangkatmu ke port lain di PC / laptop Anda. Juga disarankan juga untuk tidak menghubungkan perangkatmu ke USB 3.0, karena kebanyak perangkat seperti mouse jadul dan lainnya itu masih kompatibilitas port 2.0 itu sendiri.
Baca Juga:   Cara Mengembalikan Pesan Whatsapp terhapus Dengan Fitur Terbaunya

Cobalah kerjakan yang disebutkan di atas dan lihat apakah cara itu dapat memperbaiki USB Device Not Recognized kesalahan Perangkat USB yang tidak dikenali.

Jika malah tersebut belum juda dapat teratasi, maka berikut adalah beberapa cara lain yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan Perangkat USB yang tidak dikenali.

Bagaimana cara Memperbaiki USB Device Not Recognized

Berikut adalah Beberapa cara Memperbaiki usb device not recognized di laptop windows 10 usb Tidak Berfungsi, dan Windows mu tidak Mengenali Kesalahannya.

Perbarui Driver

Jika kamu menggunakan driver lama atau ketinggalan jaman untuk perangkat yang terhubung, maka pada biasanya ada beberapa aksesoris laptop yang mungkin tidak bisa terhubung lagi. Karenanya kamu harus segera mempertimbangkan untuk segera memperbaruinya ke versi terbaru.

Begini cara mudahnya jika kamu ingin memperbaharui softwarenya. (pastikan perangkat yang bermasalah tadi terhubung ke PC/laptop melalui kabel USB)

  1. Gunakan tombol pintas Windows + R untuk membuka kotak dialog Run .
  2. Kemudian ketik devmgmt.msc dan tekan Enter. Ini akan manuju ke halaman Device Manager.
    kesalahan Perangkat USB yang tidak dikenali
  3. Sekarang kamu pergi ke bagian Universal Serial Bus Controllers , klik kanan, dan pilih Update Driver (jika perangkat Anda tidak terdaftar di sana, pastikan untuk memeriksa Perangkat Lain dan bagian Perangkat Portabel juga).cara mengatasi USB Device Not Recognized
  4. Kemudian pilih ” Search aoutomatically for updated driver software ” dari kotak dialog berikutnya.
    cara memperbaiki USB Device Not Recognized
  5. Maka Windows akan mencari driver terbaru yang tersedia dan akan menginstalnya juga.

Setelah selesai, jangan lupa untuk restart PC Anda dan periksa apakah itu dapat mengenali perangkat USB.

Nonaktifkan Pengaturan Penangguhan Selektif USB

Jika lapotop (atau PC Anda dalam hal ini) belum juga terhubung dengan perangkat yang jadul tersebut, maka yang terakhir mungkin kamu harus masuk ke mode hibernasi.

Baca Juga:   Aplikasi Download Video Youtube Tercepat Gratis di PC

Namun perlu kamu ketahui, jika menggunakan mode ini akibatnya, beberapa fungsinya menjadi terbatas. Dan ini bisa jadi alasan PC Anda tidak dapat mengenali perangkat USB.

Untuk itu, kamu harus menonaktifkan pengaturan penangguhan selektif USB, yang cara sebagai berikut:

  1. Pergi ke Panel Kontrol , ubah Jenis Tampilan menjadi Ikon Besar, dan pilih Power Options .
    Luncurkan Panel Kontrol, ubah Jenis Tampilan menjadi Ikon Besar, dan pilih Opsi Daya
  2. Kemudian klik Change Plan Settings diikuti dengan Change Advanced Power settings .
    Ubah Pengaturan Rencana diikuti dengan Ubah pengaturan Daya Lanjutan
  3. Perluas bagian Driver USB settings dan klik dua kali pada USB selective suspend setting.
    Perluas bagian Driver USB dan klik dua kali pada pengaturan penangguhan selektif USB
  4. Sekarang ubah status On Battery dari Enabled menjadi Disabled dan klik Apply> OK .

Setelah selesai, lepaskan perangkat yang yang mau disambungkan dan sambungkan kembali ke PC Anda. Periksa apakah itu dapat memperbaiki masalah Perangkat USB tidak dikenali. Kalau belum juga teratasi, maka langkah terakhir adalah Install ulang.

Instal Ulang Driver

Jika tidak ada metode yang disebutkan di atas yang cocok untuk kamu, maka ada kemungkinan driver rusak. Jika itu terjadi, bahkan memperbaruinya mungkin tidak dapat memperbaiki masalah yang mendasarinya.

Sebaliknya, kamu harus mempertimbangkan untuk mencopot dan menginstal ulang driver ini dari awal. Berikut adalah instruksi yang diperlukan untuk hal yang sama.

  1. Dengan perangkat yang terhubung ke PC melalui kabel USB, klik kanan pada menu Start dan pilih Device Manager .
    klik kanan pada menu Start dan pilih Device Manager
  2. Di dalamnya , gulir ke Universal Serial Bus Controllers (atau bagian Perangkat Lain atau Perangkat Portabel) klik kanan di atasnya, dan pilih Uninstall Device .
    Bagian Universal Serial Bus Controllers
  3. Sekali lagi, klik pada Uninstall Option dari kotak dialog konfirmasi dan tunggu prosesnya selesai.
    Hapus opsi dari kotak dialog konfirmasi dan tunggu prosesnya selesai
  4. Setelah driver dihapus, cabut perangkat dan reboot PC Anda
  5. Kemudian hubungkan perangkat Anda ke PC dan driver akan secara otomatis diinstal (pastikan Anda terhubung ke internet).
  6. Namun, jika driver tidak diinstal, maka lagi Device Manager.
  7. Klik kanan pada nama PC Anda yang terletak di bagian atas dan pilih Scan for hardware changes .
    USB Device Not Recognized
  8. Windows sekarang akan mencari driver yang hilang dan akan menginstalnya sesuai. Maka Selesai.
Baca Juga:   Cara Melihat Pesan Whatsapp Yang Dihapus Dengan Aplikasi Ini

Kesimpulan

Dengan ini, kami menyimpulkan panduan tentang cara memperbaiki masalah Perangkat USB yang tidak dikenali saya rasa sudah komplit.

Karena kami telah membuatnya dengan empat cara mengatasi USB Device Not Recognized secara berbeda untuk memperbaiki masalah ini.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang cara memperbaiki USB Device Not Recognized di windows 10, silakan tulis di kotak komentar di bawah ini.

Leave a Comment