5 Tips Memilih Laptop Untuk Editing Video

6 Tips Memilih Laptop Untuk Editing Video

6 tips memilih laptop untuk editing video – Kali ini saya akan kasih tips untuk kalian yang ingin  beli laptop editing di tahun 2021. Ini berlaku untuk kalian bukan cuma beli laptop baru, tapi juga mungkin kalian ingin beli laptop bekas juga.

Jadi mudah-mudahan ini bermanfaat buat kalian. Tanpa basa-basi ini dia 6 tips cara memilih laptop untuk editing video menurut saya.

Laptop Harus Pakai SSD.[appbox chromewebstore

Kenapa harus pakai SSD?  Karena di tahun 2021 ini kayaknya laptop lemot itu bikin kesel. Baru nyalain laptopnya windowsnya saja sudah makan waktu 10 menit.

Belum lagi misalkan kalian ngedit pakai Adobe Premiere atau misalkan  Sony Vegas, pasti loadingnya lama.. hahaha iya kan?   Jadi saran saya di 2021 ini kalian wajib pake SSD saja, apa lagi harga SSD sudah makin murah.

Dan jika kalian pengen beli laptop bekas yang laptopnya masih pakai hardisk, maka sekalian saja langsung di upgrade pakai SSD.

Apa lagi harga SSD ini juga kalau kalian cari di marketplace mungkin yang 512 GB itu di kisaran harga 1 jutaan atau bahkan merk tertnetu itu tidak sampai 1 jutaan.

Layar Laptop Untuk Editing Video

Layar laptop untuk editing di tahun 2021 adalah usahakan layarnya udah 100% SRGB supaya warna yang dihasilkan oleh layar laptop kalian dan warna yang mungkin kalian print dan kalian share device lain itu kemungkinan warnanya bakalan 100% sama.

Atau mungkin tidak juga 100%, Tapi paling enggak warnanya lebih akurat. Coba bayangkan kalau kalian cuma beli laptop misalkan kareana harganya murah doang, dan kalian tidak tahu itu itu pake layar apa, dan akurasinya kayak gimana kan?

Baca Juga:   Beberapa Jenis Investasi Paling Menguntungkan untuk Investor Pemula

Jangan sampai kalau kalian lihat dilayar sudah warna merah, tetapi pas kalian print, bisa jadi warna oren. Jadi saran saya kalian pakai atau kalian beli laptop yang udah punya color akurasi yang bagus. Apa lagi kalian beli laptop ini untuk editing.

Baca Juga: XL Unlimited Turbo Premium

Tips tambahan juga untuk kalian,

Kalau kalian nggak terlalu mobile begitu, kalian bisa beli laptop yang biasa-biasa saja layarnya tapi kalian tambah pakai monitor yang memang punya color akurasi yang bagus.

RAM laptop Editing

Tips memilih laptop untuk editing yang ketiga yaitu pastikan RAM kalian minimum 8 GB. Entah mau beli laptop baru atau laptop bekas, sekarang ini minimum RAM nya 8 GB lah ya..!

Saya juga biasa editing di komputer dan menurut saya kalau editing yang ringan-ringan aja pakai Adobe Premiere 8 GB itu sudah cukup laah. Apa lagi hanya untuk cut-cut vidio.

Tapi kalau kalian banyak pakai efek ya.. nggak ada salahnya kalian punya RAM yang lebih dari 8 GB. Minimal 16 GB lah, tapi ini cuman pilihan saja ko.

Sekarang ke tips memilih laptop editing nomor 4, tapi ini sepertinya Mungkin opsional aja ya

Laptop Yang Punya DVD Rom atau CD Rom

Kalau kalian biasa sudah pakai SSD dan SSD itu kita tahu harganya mahal ya? Jadi usahakan laptop yang Kalian beli itu ada CD-romnya.

Kok ada CD-Rom nya? bukannya CD-Rom itu udah jadul ya!  jadi titip tambahan saja untuk kalian kalau misalkan kalian mau beli laptop bekas atau baru yang ada sekarang gitu ya!

Kalain ingin punya storage yang besar sampai 2 terabyte (TB) di laptop kalian, Tapi kalau kalian pakai SSD itu kan mahal ya? Jadi disinilah fungsinya dari CD-Rom tersebut.

Karena kalian bisa ganti cd-rom laptop kalian dengan tempat hardisk laptop. Maka laptop kalian bakalan cepat karena operating system dan aplikasi aplikasinya itu disimpan di SSD, sedangkan data-data dan file film kalian ditaruh di hardisk kalian.

Baca Juga:   Cara Menghapus Cache Browser di Mozilla, Chrome, Safari, Microsoft Edge

Jadi jalannya kencang dan juga penyimpanannya besar.

Tempat SD Card

Tips selanjutnya adalah kalau bisa juga laptop untuk editing video itu ada SD-Card nya. Tapi ini opsional juga ya! karena di tahun 2021 ini biasanya kalian bisa share video pakai wi-fi aja dan sudah jarang sekali pakai kabel lagi.

Tapi biasanya kalau kita shering pakai wi-fi itu kecepatannya nggak terlalu cepat dibandingkan pakai SD card. Namun perlu di ingat lagi, ini hanya opsional saja jika kalian beli laptop untuk editing punya SD-card itu mungkin jadi jauh lebih baik. Rekomendasi laptop editing yang terakhir adalah di tips ke 6 ya.

Prosesor & Grafis cart

rekomendasi laptop editing

Prosesor Laptop Untuk Editing Video

Tips memilih laptop untuk editing video yang terakhir untuk kalian di tahun 2021 ini adalah prosesor dan grafis sesuai dengan kebutuhan editing.

Sekedar informasi ke kalian aja ya, kalau sekarang itu prosesor itu udah rata-rata ngebut semua. Jadi kalau kalian biasa Intel Core i3 atau Core i5 itu sebenarnya sudah cukup untuk editing-editing yang ringan iya. Misalnya hanya untuk cutting dan color correction itu udah lebih dari cukup.

Tetapi jika kalian mungkin ingin lebih cepat di renderingnya, maka nggak ada salahnya kalian pakai Core i3. Tapi rata-rata Prosesor sekarang yang Core i3 atau Core i5 itu rata-rata udah bagus banget untuk editing.

Jadi saran Saya, intel core i5 itu mungkin udah cukup banget untuk kalian yang mau ngedit video di resolusi 1080 ataupun di resolusi 4K.  Tapi kalau kalian biasanya editing di video 4K mungkin nggak ada salahnya kalau kalian upgrade lagi di ram-nya di tips nomor 2 tadi sampai ke 16 GB. Karena makin gede resolusinya biasanya makan ramnya juga cukup besar gitu.

Baca Juga:   FUP Indihome dan Cara Mengecek Kuota Indihome

Jadi kalian yang sering ngedit resolusinya tinggi mungkin prosesornya Core i5 sudah cukup tapi kalau bisa ram-nya di tambahin lagi biar nggak terlalu nyesek.

Tetapi kalau kalian ingin lebih enteng lain, bisa ko di up lagi prosesor core di core i7. Karena rata untuk edit video saat ini orang sudah pada menggunakan prosesor core i7.

Cuman kalau hanya pemakaian editing ringan, seperti edit foto dan video, saya rasa core i3 atau core i5 sudah cukup, asalkan sudah tidak menggunakan hdd pada penyimpanan OSnya.

Kartu Grafis

Lalu bagaimana dengan grafis cart? Apakah kartu grafis sangat penting untuk editing?

Jadi benarnya kayak gini, kalau kalian beli mobil pastikan punya mesin yang bagus, baru dikasi Turbo yang bagus. Jangan punya mesin yang jelek tapi turbonya bagus.  Kalau seperti itu, maka turbonya enggak akan berperforma dengan maksimal.

Samal halnya dengan laptop editing kalian nantinya, harus dipasti kan punya tipe prosesor yang bagus dan kartu grafis yang sesuai kebutuhan kalian. Karena jika kalain banyak menggunakan efek-efek, maka otomati laptop kalian akan memakai bantuan dari grafis card.

Jadi kalau kalian pingin editing, Saran saya pilih yang punya prosesor bagus, dan  grafis cardnya nggak usah terlalu dipikirin.

Dan informasi aja untuk kalian, coba bayangin kalau beli MacBook nya Apple biasanya editor itu ngedit pakai MacBook yang nggak ada grafis card Nvidianya.  Tapi udah bagus banget hasilnya.

Kenapa? karena rata-rata prosesornya emang udah bagus. jadi yang namanya grafis card itu menurut saya tergantung kebutuhan editing kamu saja. oke!

Akhir Kata

Jadi itu dia 6 tips memilih laptop untuk editing video di tahun 2021. Dan jika kalian minta Rekomendasi laptop editing kira-kira kalau ingin beli laptop baru, Laptop apa yang direkomendasikan?

Jadi kalau saya cuma rekomendasiin dua aja deh. tapi sebenarnya banyak ya laptop yang pingin direkomendasiin.

Tapi kali ini cuman 2 saja, yang pertama adalah zenbook nya dari produk asus, atau Kalian beli MacBook Pro dari produknya apple.  Oke jadi mungkin ini saja dulu yang dapat saya tulis, kalau kalian punya rekomendasi laptop editing lainnya, silahkan tulis komentar anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *