Dasar-Dasar Pemasaran Afiliasi Yang Perlu Anda Ketahui

Afiliasi pemasaran dianggap sebagai disiplin klasik dalam pemasaran online. Landasan untuk model pemasaran sekarang di seluruh dunia ini dapat dikaitkan dengan platform perdagangan yang terkenal secara internasional: Amazon. Idenya adalah untuk mengiklankan produk di situs web yang secara tematis mirip dan kemudian membayar sedikit komisi kepada operator situs web jika ini menghasilkan pelanggan baru.

 

Dalam 20 tahun terakhir, model sederhana ini telah berkembang menjadi alat pemasaran yang kuat yang harus dianggap sebagai bagian penting dari setiap rencana pemasaran online.

 

Apa Itu Pemasaran Afiliasi?

Afiliasi pemasaran adalah model pemasaran berbasis kinerja menurut definisi. Pembayaran untuk itu bekerja berdasarkan komisi sederhana, di mana dua mitra bersatu: pedagang dan afiliasi.

  • Pedagang (juga dikenal sebagai pengiklan atau dealer) ingin mengiklankan produk atau layanan pada situs eksternal. Untuk ini, pedagang menyiapkan media iklan seperti spanduk dan menawarkan tingkat komisi, tergantung pada model penagihan (lihat di bawah).
  • Sebuah afiliasi (penerbit atau operator website) menawarkan ruang iklan yang tersedia (dan dalam melakukannya, jangkauan situs web mereka) ke pedagang. Afiliasi pada dasarnya adalah perantara antara pedagang dan pelanggan potensial. Layanan ini dapat ditawarkan dengan menanamkan iklan banner di situs web afiliasi, atau termasuk tautan afiliasi dalam entri editorial.

 

Jaringan afiliasi, atau penyedia layanan afiliasi (ASP), membantu menghubungkan calon afiliasi dan pedagang. Perangkat lunak afiliasi memungkinkan implementasi teknis dan pelacakan konversi, yang mungkin pertama setelah menghitung komisi. Melalui tautan atau spanduk afiliasi, pedagang dapat dengan jelas melihat apakah pelanggan telah mencapai situs web melalui mitra afiliasi. Setiap kali target yang ditentukan tercapai (misalnya jika penjualan dilakukan di toko online) maka pedagang membayar afiliasi komisi yang sesuai.

Baca Juga:   Cara Mendapatkan Uang Dari Google Secara Online Dengan Duduk Di Rumah

 

Pertukaran yang paling umum dalam pemasaran afiliasi terjadi melalui situs web afiliasi. Tetapi program afiliasi juga dapat diintegrasikan ke dalam kampanye pemasaran email (buletin, surat) atau digunakan melalui jaringan media sosial.

how-affiliate-marketing-works
Bagaimana Pemasaran Afiliasi bekerja (sumber: sugarrae.com)

Baca Juga:Usaha Sampingan Karyawan Yang Cocok Untuk Anda

Model Komisi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada berbagai metode kompensasi untuk afiliasi. Model-model berikut adalah bentuk penggantian yang paling umum digunakan dalam pemasaran afiliasi:

 

Bayar Per Penjualan

Bayar per penjualan atau bayar per pesanan adalah model kompensasi yang paling banyak digunakan dalam pemasaran afiliasi. Pertukaran selesai setelah pelanggan berhasil melakukan pemesanan dengan pedagang. Komisi kemudian harus dibayar sesuai jika pelanggan mencapai situs web pedagang melalui tautan afiliasi atau spanduk tertanam sebelum melakukan pemesanan.

 

Biasanya ada biaya tetap atau biaya persentase, tergantung pada produk atau layanan yang ditawarkan, tetapi campuran keduanya juga umum. Biasanya ada juga komisi jika pelanggan mengunjungi situs pedagang melalui pemasaran afiliasi dan kemudian kembali untuk membeli produk nanti. Ini dimungkinkan berkat cookie yang menjaga tautan produk antara 30 dan 60 hari setelahnya.

 

Bayar Per Klik

Metode ini menghitung jumlah klik pada iklan – meskipun penggunaan model ini menjadi semakin langka. Pada tahap awal pemasaran afiliasi, model kompensasi bayar per-klik tersebar luas dan sering digunakan, terutama karena betapa sederhananya penerapannya. Tetapi penelitian membuktikan bahwa, dalam banyak kasus, ROI (laba atas investasi) untuk pedagang tetap sangat rendah. Pada saat yang sama, ada risiko manipulasi oleh afiliasi. Harga dalam komisi bayar per klik cenderung sangat rendah.

 

Bayar Per Klik

Dalam pembayaran per klik, pengunjung yang mengklik untuk mengunjungi situs web pedagang harus membuat setidaknya satu klik tambahan (klik-keluar). Ini dirancang untuk membantu mengurangi kerugian dari model bayar per klik sederhana. Setelah pelanggan potensial telah membuat langkah kedua di situs web pedagang, komisi dibayarkan.

Baca Juga:   Cara Daftar Program Affiliate Tokopedia, Affiliate Shopee, Bukalapak

 

Bayar per lead

Dalam model komisi bayar per timbal, kontak harus dibuat dengan pelanggan sebelum pembayaran dilakukan (yaitu ketika pelanggan mengisi formulir kontak atau meminta informasi lebih lanjut). Bayar per lead biasanya digunakan untuk produk yang mengandalkan banyak konsultasi, seperti asuransi. Ini karena pelanggan biasanya akan mengambil waktu untuk mempertimbangkan kontrak, bahkan sering pergi ke toko untuk menandatangani perjanjian; membuat bayar per penjualan kurang relevan. Pedagang membayar komisi kepada afiliasi untuk setiap kontak yang dilakukan kepada pelanggan, yang dikenal sebagai pelanggan.

 

Bayar per pendaftaran

Pay-per-sign-up adalah bentuk model pay-per-lead. Afiliasi mengklaim kompensasi setiap kali  pengguna mendaftar di situs web pedagang.

 

Bayar per pasang

Pay-per-install adalah turunan dari model pay-per-sale. Instalasi perangkat lunak pengguna (awal) memicu komisi. Ini biasanya digunakan untuk bilah alat peramban atau versi demo gratis.

 

Bayar per tautan

Bayar per tautan adalah hal biasa di apa yang dikenal sebagai advertorial atau posting yang disponsori. Misalnya, jika seorang blogger menyertakan tautan ke produk pedagang di salah satu pos mereka, komisi satu kali dibayarkan.

 

Komisi seumur hidup

Dalam apa yang dikenal sebagai komisi seumur hidup, afiliasi menerima imbuhan yang mantap setelah tindakan pertama pelanggan. Kompensasi ini berlanjut untuk ‘seumur hidup’, yang dalam hal ini mengacu pada lamanya waktu bahwa pelanggan yang baru diperoleh tetap loyal kepada perusahaan pedagang . Metode kompensasi ini biasanya digunakan oleh pedagang yang menawarkan langganan (misalnya situs kencan). Afiliasi dibayar komisi setelah berlangganan dikeluarkan dan setelah setiap pembaruan.

 

Komisi airtime

Prinsip komisi airtime adalah khusus untuk bidang telekomunikasi dan digunakan oleh perusahaan seperti penyedia kontrak ponsel. Dengan menggunakan metode ini, afiliasi menerima komisi untuk setiap menit dari panggilan telepon berbayar yang dilakukan oleh pelanggan yang dirujuk (selama periode waktu yang telah ditentukan).

Baca Juga:   Cara Menghasilkan Uang di YouTube 2019

 

Pemasaran afiliasi untuk pedagang: beriklan tanpa risiko

Ada satu keuntungan khusus yang membuat pemasaran afiliasi sangat menarik bagi pedagang: itu berarti tidak ada biaya iklan sebelumnya . Komisi berbasis hasil berarti bahwa afiliasi hanya dibayar setelah klik dikirimkan, penjualan dilakukan, atau langganan ditempatkan. Intinya adalah bahwa pemasaran afiliasi biasanya (tergantung pada model penagihan) cara yang sangat terjangkaucanvassing untuk membantu meningkatkan kesadaran merek secara keseluruhan.

 

Melalui penelitian dan analisis yang tepat, pedagang dapat menemukan mitra afiliasi yang cocok, atau bahkan jaringan afiliasi, untuk membantu mereka menargetkan kelompok pasar yang tepat dan menghilangkan iklan yang sia-sia (mis. Pedagang kosmetik dapat menggunakan blog kecantikan sebagai mitra afiliasi). Melalui pelacakan setiap tautan individual dan penggunaan cookie, dimungkinkan untuk mengukur dan melihat dengan jelas keberhasilan, memberikan peluang yang baik untuk optimisasi.

 

Tetapi jika tidak ada jaringan afiliasi yang cocok dapat ditemukan, maka kurangnya infrastruktur merupakan kerugian. Ini berarti suatu perusahaan perlu menggunakan waktu dan uang untuk pengembangan, menimbulkan biaya pemasaran tambahan sebagai hal yang biasa.

 

Pemasaran afiliasi untuk afiliasi: tidak ada keamanan finansial

Untuk afiliasi, mis. Blogger, tautan afiliasi, dan spanduk harus dilihat sebagai sumber penghasilan tambahan. Karena konten iklan disiapkan dan dikirim oleh pedagang, menerapkan pemasaran afiliasi di blog atau situs web relatif mudah. Ada juga berbagai pilihan program mitra yang berbeda, memberikan setiap penerbit kesempatan untuk masuk ke pemasaran afiliasi – baik itu situs web kecil, niche atau portal diskon dan voucher yang besar. Kelemahan dari tautan afiliasi adalah sangat sulit untuk membuat prediksi yang dihitung tentang pendapatan – yang berarti bahwa peramalan keuangan sulit dicapai.

 

Sebagai afiliasi, Anda juga selalu bergantung pada pedagang. Kualitas dari tawaran tertaut memainkan peran yang sangat besar, khususnya dalam transaksi bayar per penjualan: jika pembaca kecewa dengan konten tautan atau iklan banner, mereka mungkin berhenti mengunjungi blog. Kelemahan lainnya adalah kurangnya transparansi dalam penyelesaian komisi. Hampir mustahil bagi afiliasi untuk memeriksa angka-angka pedagang.

Related Posts

Leave a Comment