Manfaat Menggunakan Jaringan Pengiriman Konten CDN

Apa Manfaat Menggunakan Jaringan Pengiriman Konten CDN? 

Di era internet, sebuah situs web adalah titik kontak pertama antara perusahaan dan publik. Tanpa situs web, sulit untuk mengembangkan kepercayaan di antara calon pelanggan dan mitra. Inilah sebabnya mengapa hari ini, terlepas dari ukuran dan bidang bisnis mereka, hampir semua perusahaan memiliki situs web resmi.

 

Seiring dengan ini, ada juga perusahaan yang melakukan bisnis mereka melalui situs web resmi mereka. Platform e-commerce, berbagi video, streaming, atau platform OTT adalah contoh yang baik untuk ini. Untuk platform semacam ini, situs web mereka adalah segalanya karena seluruh bisnis mereka bergantung pada situs web.

 

Menyebutkan pentingnya situs web memunculkan layanan penting untuk situs web. Jaringan Pengiriman Konten atau layanan CDN sebagaimana disingkat. Yang akan kami bahas dalam artikel ini dan lihat tujuan dan keuntungan mereka.

 

Apa itu CDN?

CDN adalah jaringan pusat data dan server proxy yang didistribusikan secara geografis. Tujuan utama mereka adalah untuk menyediakan klien dengan server yang secara geografis dekat, untuk mengurangi latensi dan meningkatkan penyeimbangan muatan. Ini menghasilkan Pengalaman Pengguna yang mulus dan cepat untuk pengguna internet klien.

 

CDN, oleh karena itu penyedia CDN adalah elemen penting dalam ekosistem internet. Teknologi yang mereka adopsi dan terapkan biasanya berfokus pada peningkatan pengalaman pengguna dalam banyak hal.

Baca Juga:   Apa itu Pengoptimalan Gambar dan Bagaimana Itu Membuat Website Muat Lebih Cepat?

 

Bagaimana CDN dapat menguntungkan situs web dan platform online?

Meskipun mereka pada akhirnya meningkatkan pengalaman pengguna akhir, pelanggan utama Jaringan Distribusi Konten adalah pemilik situs web atau platform. Mari kita lihat kelebihan yang mereka berikan.

 

Mengurangi Waktu Muat dan Latensi

Lokasi geografis memainkan peran penting dalam kecepatan dan latensi pengunduhan, karena jaringan CDN akan menerima dan mendistribusikan beban lalu lintas ke server terdekat yang tersedia. Dengan cara ini, jaringan CDN yang kuat tidak hanya akan mengurangi waktu Pemuatan halaman tetapi juga meningkatkan transmisi data. Baik itu video streaming, game atau platform e-commerce, CDNs dapat menyediakan koneksi yang lebih cepat ke setiap pengunjung.

 

Ada juga metode lain untuk memastikan pengiriman data yang cepat. Beberapa penyedia CDN menggabungkan pembelajaran mesin atau AI untuk mengelola server caching. Konten yang di-cache didistribusikan sesuai permintaan sehingga dapat selalu tersedia bagi pengguna. Dengan menuangkan konten web lebih dekat ke klien, penyedia CDN selanjutnya dapat meningkatkan kecepatan respons terhadap permintaan pengguna.

cdn

Baca Juga: Prakiraan Pendapatan Infrastruktur 5G di Tahun 2020

 

Mudah Mengelola Puncak Lalu Lintas 

Di beberapa sektor seperti e-commerce, lalu lintas pengguna cenderung mengikuti puncak musiman atau berkala. Selama masa ini, penyedia CDN akan mendistribusikan permintaan pengguna di antara server CDN yang tersedia untuk mengurangi beban. Load balancing mencegah crash dan server overloads.

 

Enkripsi Lebih Aman 

Metode enkripsi berubah dan berevolusi seiring berjalannya waktu karena kelemahan mereka muncul melalui penggunaan di dunia nyata. Penyedia CDN cepat dalam mengadopsi dan menerapkan teknologi baru ini ketika mereka muncul. Penyedia CDN yang baik akan menerapkan sertifikat SSL baru dan metode enkripsi tanpa memengaruhi operasi klien mereka yang biasa. Seringkali, klien bahkan tidak akan melihat perubahan.

Baca Juga:   Cara Menambahkan Google Analytics ke Tema GeneratePress

 

Teknologi Transmisi Data Baru 

Seperti enkripsi SSL yang disebutkan di atas, teknologi transmisi data juga berubah dan ditingkatkan seiring waktu. Misalnya, penyedia CDN Brotli , BBR , dan HTTP2 akan mengintegrasikan teknologi baru ini ke situs web Anda, yang berarti Anda akan selalu memiliki akses ke pembaruan transmisi data terbaru.

 

Wawasan yang Lebih Baik Tentang Lalu Lintas 

Penyedia CDN menyerahkan kerja keras dalam ekosistem internet. Mereka menangani hampir setengah dari semua lalu lintas data di internet. Ini berarti mereka menghasilkan sejumlah besar data analitik. Data ini dapat dibagikan dengan pelanggan mereka, yang memberi mereka wawasan yang dapat ditindaklanjuti, dan kecerdasan ke dalam basis pengguna mereka. Juga analisis Info yang mereka berikan menunjukkan semua yang perlu diketahui pengembang untuk lebih mengoptimalkan situs web. Pelaporan yang mendalam pada akhirnya mengarah pada peningkatan kinerja, yang menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih tinggi dan kemudian mencerminkan tingkat penjualan dan konversi.

 

CDN adalah tangkas

Tidak semua penyedia CDN memiliki tulang punggung tangkas tetapi yang dapat membantu perusahaan berkembang secara global. Beberapa penyedia CDN dapat mengatur server POP (point of presence) baru dalam beberapa hari. Ini berarti klien mereka dapat memperluas ke wilayah baru dengan cepat tanpa mengorbankan pengalaman pengguna dan kualitas layanan.

 

CDN Hemat Biaya 

Ketika mempertimbangkan layanan yang disediakan oleh CDN, serta potensi pendapatan yang akan dihasilkannya melalui pengalaman pengguna yang lebih baik, layanan CDN layak untuk diinvestasikan.

Juga bijaksana untuk diingat bahwa tanpa teknologi ini bahwa CDNmbar menyediakan beberapa platform bahkan tidak akan memiliki kesempatan untuk bersaing dalam hasil mesin pencari.

 

CDN Meningkatkan SEO 

Kami menyebutkan bahwa beberapa platform bahkan tidak memiliki peluang untuk bersaing dalam hasil mesin pencari. Jadi bagaimana CDN dapat memengaruhi peringkat situs web dalam hasil mesin pencari ? Ya, ada banyak faktor dalam topik ini. Faktor mesin pencari di banyak parameter ketika peringkat halaman atau situs web. Mereka tidak mengungkapkan daftar lengkap tentang apa yang mereka per hitungkan, tetapi jelas bahwa kecepatan halaman, keamanan transmisi data, dan pengalaman pengguna yang ditawarkannya adalah bagian besar dari persamaan. Dalam hal ini, hampir semua yang kami sebutkan di atas berkontribusi untuk hasil yang lebih baik dalam peringkat mesin pencari.

Baca Juga:   Bagaimana CDN Meningkatkan Peringkat Google Anda?

 

penyedia cdn

Baca Juga: Apa itu Pengoptimalan Gambar dan Bagaimana Itu Membuat Website Muat Lebih Cepat?

Bagaimana Cara Memutuskan Jika Anda Membutuhkan Layanan CDN? 

Tidak setiap situs web membutuhkan penyedia CDN . Ada beberapa cara untuk menentukan apakah situs web atau platform perlu memanfaatkan layanan CDN. CDN dapat menjadi solusi yang bagus untuk bisnis Anda, terutama jika Anda melayani pelanggan atau klien di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa contoh bisnis yang dapat mengambil manfaat dari CDN:

 

Situs e-commerce: Anda tidak ingin pelanggan Anda menunggu lama saat mereka menjelajahi toko Anda atau mencoba memeriksa pembelian mereka. Jika Anda menginginkan pengalaman pengguna yang mulus dan mulus untuk pelanggan Anda, bahkan selama masa lalu lintas yang padat, CDN adalah pilihan yang bagus.

 

Lembaga keuangan: Bank, serikat kredit dan perusahaan keuangan lainnya dapat menggunakan CDN untuk menciptakan cara yang aman dan andal untuk mengirimkan informasi keuangan yang sensitif.

 

Situs media atau berita: Jenis situs ini seringkali padat konten, dan penting bagi mereka untuk selalu mendapatkan berita terbaru. CDN dapat membantu menyampaikan berita kepada pengguna Anda secara langsung.

 

Pemerintah: Situs web yang padat konten dapat memberikan layanan yang lebih cepat kepada warga dengan menggunakan CDN.

 

Aplikasi seluler: CDN mempercepat waktu Pemuatan untuk aplikasi seluler dan meningkatkan respons halaman.

 

Teknologi dan SaaS: CDN membantu situs web melayani miliaran pengguna web tanpa memengaruhi kinerja.

Related Posts

loading...

Leave a Comment