Dampak Negatif Gadget untuk Perkembangan Anak

Dampak Negatif Gadget untuk Perkembangan Anak

Dampak Negatif Gadget untuk Perkembangan Anak – Dampak negatif gadget akan dirasakan bagi mereka yang menggunakan gadget secara berlebih dalam sehari-hari. Mengingat, gadget sudah menjadi satu kesatuan dalam hidup maka sangat sulit untuk dihindari tapi bisa dikontrol dengan baik.

Gadget bukan hanya menyasar orang dewasa saja, tapi juga anak-anak sehingga sering kita jumpai anak kecil yang sudah pandai menggunakan gadget.

Di samping berbagai kelebihannya, gadget juga memberikan dampak negatif untuk anak.

Inilah 5 Dampak Negatif Gadget untuk Anak

Usia anak merupakan usia yang tepat untuk memaksimalkan segala perkembangan dirinya, mulai dari perkembangan fisik hingga kognitif. Sayangnya, kebiasaan anak sekarang yang lebih sering bermain gadget dapat memengaruhi perkembangannya.

Baca Juga: Cara Melacak Lokasi Seseorang Tanpa Diketahui

Sebagai orang tua, kita harus mengerti betul apa saja dampak negatif yang akan dirasakan anak apabila terlalu sering menggunakan gadget dan berikut akan kami ulas mengenai lima dampak negatif penggunaan gadget pada perkembangan anak.

Perkembangan Otak Terganggu

Dampak negatif gadget yang pertama adalah mengganggu perkembangan otak pada anak. Usia anak 0 sampai 5 tahun merupakan masa penting dalam perkembangan otak anak, bahkan kemampuan otak bisa berkembang dengan lebih pesat.

Suatu penelitian menjelaskan bahwa ada perubahan struktur otak yang terjadi pada anak yang sering terpapar gawai. Beberapa kemampuan kognitif anak yang akan terdampak antara lain daya tangkap, daya ingat, konsentrasi, bahasa hingga memori.

Perkembangan otak yang seharusnya bisa maksimal pada usia ini akan terganggu dan bisa berdampak pada kemampuan kognitif anak di masa depan.

Merusak Kesehatan Mata

Dampak negatif lain yang tidak kalah membahayakan adalah mampu merusak kesehatan mata. Kecanduan gadget yang sering terjadi pada anak secara langsung dapat merusak penglihatannya karena mata terlalu sering menatap layar gadget.

Ahli kesehatan anak berpendapat bahwa ada jarak tertentu yang harus diterapkan saat anak melihat benda tertentu, termasuk gadget. Anak yang terlalu sering bermain gadget menyebabkan matanya menjadi mudah lelah dan bisa rusak.

Bahaya Radiasi dari Ponsel

Salah satu gadget yang paling dekat dan sering digunakan anak adalah ponsel. Sebagian besar dari kita pasti sudah tahu bahwa ponsel memiliki radiasi yang dapat membahayakan kesehatan penggunanya, khususnya pada anak-anak.

Suatu penelitian menjelaskan bahwa radiasi ponsel sangat berbahaya untuk anak karena tulang tengkoraknya masih tipis dan saraf masih dalam perkembangan. Itulah mengapa penggunaan ponsel berlebih bisa menyebabkan kerusakan pada sel otak.

Menyebabkan Obesitas

Jika zaman dulu kita lebih sering bermain di luar rumah, berbeda dengan zaman yang serba canggih sekarang ini. Macam gadget yang semakin banyak membuat anak-anak lebih senang bermain gadget dibanding beraktivitas di luar rumah.

Dampak negatif gadget pada anak adalah bisa menyebabkan obesitas dan berbagai penyakit lainnya. Anak yang sering bermain gadget biasanya memiliki kegiatan fisik yang sedikit sehingga tubuhnya tidak terbiasa dilatih karena hanya duduk saja.

Suatu penelitian bahkan mengungkapkan bahwa anak yang kecanduan gadget berpeluang besar mengalami serangan jantung, stroke dan diabetes.

Menjadi Lebih Temperamental

Dampak buruk lain yang bisa terjadi pada anak adalah menjadi lebih temperamental. Anak yang berinteraksi berjam-jam dengan gadget dapat menyebabkan tantrum pada anak sebagai bentuk agresivitas atau temperamental anak meningkat.

Seperti yang kita tahu, banyak konten yang mengandung kekerasan dalam gadget, seperti game action. Anak yang sering terpapar konten seperti itu maka dapat menyebabkan anak menjadi lebih mudah marah dan tidak patuh pada orang tua.

Akhir Kata

Bagi Anda yang memiliki buah hati tercinta, pastikan untuk selalu mengawasi penggunaan gadget secara bijak.

Sesuaikan penggunaan gadget dengan usia anak agar tidak terjadi dampak negatif gadget yang mengganggu perkembangan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *