Cara Blokir Pengguna Wifi

Wah, gais.. baru-baru ini aku nemuin firmware terbaru buat ZTE F 609, lho! Gak mau ketinggalan dong, langsung deh aku downlod biar bisa ngebut lagi pas lagi kerja. Gak perlu lagi nungguin buffering lama-lama. Tapi, emangnya kalian tau gak apa itu firmware? Yuk, kita simak bareng-bareng.

Apa Itu Firmware?

Firmware itu adalah perangkat lunak sistem yang digunakan pada sebuah perangkat elektronik. Biasanya, firmware dipasang pada chip solid-state atau memori flash pada perangkat yang bersangkutan. Buat kalian yang suka main-kain sama teknologi, kalian mesti kenal dong sama yang namanya firmware.

ZTE F 609

Mengapa Firmware itu Penting?

Tak bisa dipungkiri bahwa firmware itu penting banget, lho, terutama pada perangkat-perangkat elektronik modern yang kita gunakan sehari-hari. Firmware yang terinstal dengan benar akan memastikan bahwa perangkat kita bisa berjalan lebih baik lagi.

Jenis-Jenis Firmware

Jangan salah, ternyata firmware itu punya banyak jenis, lho. Kalau kalian bertanya-tanya, berikut ini adalah beberapa jenis firmware yang sering kita temukan:

  • Embedded firmware, yang digunakan pada perangkat seperti mesin fotokopi, kamera digital, atau bahkan printer.
  • PC firmware, firmware yang biasa dipakai pada motherboard komputer atau laptop.
  • Perangkat keras jaringan, firmware yang biasanya terletak pada alat jaringan komputer, seperti switch, router, atau firewall.

TP Link Router

Cara Kerja Firmware

Untuk menjalankan perangkat elektronik, firmware perlu diinstal pada memori chip. Firmware yang terinstal dengan benar akan menerjemahkan data teknis dan mengirimkannya ke perangkat yang sesuai. Artinya, firmware bertanggung jawab dalam membuat sebuah perangkat elektronik berfungsi dengan benar.

Apa Keuntungan Firmware?

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari firmware, lho. Beberapa keuntungan tersebut antara lain:

  • Meningkatkan kinerja perangkat elektronik.
  • Memperbaiki bug atau kesalahan pada sistem operasi.
  • Menambah fitur baru pada perangkat elektronik.

Pengguna Wifi Indihome

Manfaat Firmware untuk Pengguna Wifi Indihome ZTE dan Huawei

Buat kalian pengguna ponsel cerdas khususnya pengguna Wifi Indihome ZTE dan Huawei, pastinya pernah dong ngalamin gangguan pada jaringan wifi. Salah satu masalah yang sering ditemukan adalah pengguna-pengguna yang tidak bertanggung jawab menumpang jaringan WiFi kamu, bahkan sampai mempermainkan kecepatan jaringanmu. Nah, buat kalian yang pengen tetap bisa internetan dengan nyaman, gak ada salahnya nih untuk mengikuti tutorial yang berikut ini.

11 Cara Blokir Pengguna Lain di Wifi Biznet (Maling Wifi) Lewat HP

Buat kalian yang pengen nyobain melakukan blokir pengguna wifi di Wifi Biznet, berikut beberapa cara yang bisa kalian ikutin nih, gais!

1. Melalui Aplikasi WiFi Master Key

WiFi Master Key adalah aplikasi pembobol password WiFi yang juga bisa dimanfaatkan buat blokir pengguna WiFi yang tidak dikenal. Tinggal unduh aplikasinya di App Store atau Google Play, lalu login menggunakan akun Facebook atau Google. Setelah itu pilih menu “WiFi Analyzer” dan akan muncul jaringan WiFi yang tersedia di sekitar kamu. Langsung aja pilih jaringan WiFi yang ingin kamu blokir, dan klik jaringan tersebut. Setelah itu, pilihlah “BLOCK”. Mudah banget kan?

2. Melalui Aplikasi WiFi Kill

Kalau yang satu ini, aplikasi pembobol password WiFi yang biasanya digunakan buat penggunaan di satu jaringan dan sering dipakai buat blokir pengguna WiFi yang tidak dikenal. Unduh aplikasi WiFi Kill di Google Play Store, langkah selanjutnya pilih jaringan WiFi yang diinginkan dan klik tombol “Grab”. Setelah muncul daftar pengguna yang terhubung ke jaringan WiFi tersebut, pilih pengguna yang ingin kamu blokir, dan klik “Kill”.

3. Melalui Fitur ‘Guest Access’ Modem Indihome

Fitur ‘Guest Access’ pada modem Indihome merupakan fitur yang membatasi akses WiFi hanya untuk perangkat yang terdaftar ke dalam daftar MAC Address. Pengguna yang tidak dikenal gampang untuk diketahui setelah kamu buat daftar MAC Address, tinggal unduh aplikasi Fing atau melalui software Who Is On My WiFi. Setelah itu, tinggal masuk ke IP 192.168.1.1 lalu masuk ke menu Wireless, pilih Guest Access, dan masuk ke menu Access Control. Hasilnya, kamu bisa masukkan daftar pengguna yang sudah di-setting IP Address pada Menu Access Control, jadi perangkat yang belum terdaftar langsung tidak bisa masuk ke jaringanmu, mantap kan?

4. Melalui Control Panel Modem Indihome ZTE

Untuk bisa melakukan blokir, kamu perlu melakukan setting terlebih dahulu pada control panel modem Indihome ZTE. Langkah-langkah untuk melakukan blokir pengguna yang tidak dikenal cukup mudah, tinggal masuklah ke menu DHCP yaitu fungsi yang mengatur ip pada komputer dan smartphone agar bisa terkoneksi ke WiFi. Kamu bisa melakukannya dengan memasukkan alamat IP modem ke browser, masukkan user dan password lalu masuk ke menu DHCP dengan cara klik “Networking” – “IP Address Distribution” langkah selanjutnya adalah pilih “Blacklist“. Selanjutnya kamu bisa masukkan alamat MAC Address yang ingin kamu blokir.

5. Melalui Software Wireless Network Watcher

Wireless Network Watcher merupakan software yang menampilkan daftar pengguna yang terhubung ke jaringan WiFi. Kamu bisa langsung download di situs resmi software atau situs reseller lainnya. Pertama, kamu perlu men-download Wireless Network Watcher dari laman resminya jika belum punya. Setelah itu jangan sampai lupa meng-install program tersebut. Langkah-langkah selanjutnya, tinggal pilih jaringan WiFi kamu, maka software ini akan menampilkan daftar orang yang terhubung ke jaringan WiFi-nya. Jika disana terdapat MAC Address yang tidak dikenal, kamu tinggal klik kanan lalu klik “Blacklist”. Kamu bisa langsung blokir pengguna WiFi tersebut dengan menjadikannya ke dalam daftar “Black List”.

Blokir Pengguna Lain di Wifi Biznet (Maling Wifi)

6. Melalui Fitur “Parental Control” di Router

Buat kalian yang punya anak kecil dan khawatir tentang penggunaan internet yang tidak sehat, fitur Parental Control bisa jadi solusi tepat untuk blokir pengguna WiFi yang tidak dikenal. Fitur ini akan membatasi jenis konten yang bisa diakses oleh perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi.

7. Melalui Laman Web

Di internet juga banyak kok informasi mengenai software untuk blokir pengguna WiFi yang tidak dikenal. Nah, kalau kalian males buat download aplikasi dan mau yang lebih mudah, caranya adalah dengan akses laman web yang menyediakan layanan blokir pengguna WiFi. Masukkan MAC Address yang gak dikenal ke dalam kolom yang sesuai, lalu tinggal klik “BLOCK”.

8. Melalui Router ASUS dengan Setting “AiProtection”

Untuk kalian yang pakai router dari ASUS, ada nih setting yang bisa dipakai buat blokir pengguna WiFi yang tidak dikenal, lho. Caranya gampang banget, cuma tinggal masuk ke dashborad router ASUS, lalu pilih menu “AiProtection” pada tab “Advanced Setting”. Setelah itu aktifkan “Guest Network”, dan pilih mode yang ingin kamu pakai. Tinggal pilih “Allow” atau “Block” buat pengguna yang tidak dikenal, maka akses ke jaringanmu pun jadi terbatas.

9. Melalui Aplikasi “Fing”

Buat kalian yang pengen mengatasi masalah jaringan WiFi yang kebanjiran pengguna gak dikenal, bisa lho pakai aplikasi yang namanya “Fing”. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memproses data jaringan dan membantu mengenali pengguna wifi yang tidak dikenal. Untuk mendapatkan software ini, kamu bisa download di Play Store atau App Store. Setelah aplikasi terinstall, kamu tinggal tap aja yang tulisannya ‘Discover Devices’ kemudian kamu akan mendapatkan daftar perangkat yang sedang terhubung ke jaringanmu, lalu tap menu option dan pilihlah “Block” buat mematikan akses perangkat yang kamu pilih.

10. Melalui Aplikasi “NetCut”

Yang satu ini buat kalian yang suka main-main sama martabak atau tukang jajan di mall. Gak nyambung? Ya, karena Netcut ini lebih dikenal buat mengalihkan alamat IP-nya. Gak heran kalau aplikasi ini kerap dipakai buat memutuskan koneksi internet teman-temannya yang di satu jaringan yang sama. Aplikasi Netcut sendiri sebetulnya hampir sama dengan aplikasi WiFi Kill, aplikasi ini bisa dipakai buat mematikan jalur yang menghubungkan modem WiFi ke laptop atau HP milik pengguna yang lain.

11. Melalui Fitur “MAC Address Filtering”

Yang terakhir, kalau mau blokir pengguna WLAN yang tidak dikenal, kita bisa menggunakan MAC Address Filtering. Nantinya, router akan memeriksa perangkat apa saja yang terkoneksi dengan jaringan WiFi. Kamu bisa melakukan setting pada router dengan cara masuk ke menu pengaturan network pada halaman awalnya, masukkan MAC Address yang dianggap tidak dikenal oleh router, dan aktifkan fitur “block” pada MAC Filter menu. Selesai.

Nah, gais, itu dia 11 cara blokir pengguna lain di Wifi Biznet yang bisa kita coba. Harapannya semoga bisa membantu mengoptimalkan jaringan wifi kita, ya.

Blokir Pengguna WiFi Modem ZTE Indihome dan Huawei

Intinya

Ternyata, firmware itu sangat penting bagi kinerja setiap perangkat elektronik yang kita gunakan sehari-hari. Aplikasi atau metode blokir pengguna WiFi juga bisa mengoptimalkan koneksi internet kita. Semoga informasi yang telah aku berikan bisa bermanfaat bagi kalian semua, ya. Jangan sampai ketinggalan informasi teknologi terbaru lagi!

Leave a Comment