Cara Berhenti Berlangganan Indihome Tanpa Bayar

Bagaimana cara berhenti berlangganan Indihome tanpa bayar? pertanyaan inilah yang sering ditanyakan para teman-teman pelanggan indihome di Group Facebook. Bukan hal yang mustahil jika orang ingin berhenti langganan Indihome walaupun dia sudah pasang indihome sejak lama. Hal ini bisa disebabkan karena mungkin dia pindah rumah, atau bahkan karena ingin pindah provider lain.

Sebelum saya menulis artikel ini, pertayaan di atas telah saya uji coba langsung di Kantor Tekom. 😉 😉 Dan Oleh sebab itu maka saya akan menjawab pertanyaan ini sampai ke akar-akarnya.

Seperti halnya Downgrade paket indihome atau Upgrade Speed Indihome, syarat dan cara berhenti berlanggan indihome ini juga tidak jauh berbeda.

Namun, sebelum kita memulai langkah-langkah untuk berhenti berlangganan, maka alangkah baiknya Anda memilih 1 dari 3 cara berikut ini:

  1. Dapat menghubunginya langsung melalui akun Media Sosial mereka, baik di Facebook @indihome, Twitter @indihome,  mapun Instagram Indihome
  2. Telvon di Call center 147;
  3. Mengajukan berhenti dari berlangganan Indihome dengan datang langsung ke Kantor Cabang Plasa Telkom di daerah nda,

 

Syarat dan Ketentuan Cara Berhenti Berlangganan Indihome

Sebelum Anda menghubungi petusa telkom atau mau datang langsung ke Plasa Telkom, alangkah baiknya Anda harus mengetahui dan menyisiapkan syarat kelengkap berkas Anda.

Mengingat awal berlangganan Anda menandatangani kontrak, maka mumutuskan kontrakpun harus dengan syarat yang sah.

Apa saja yang harus disiapkan untuk berhenti langganan indihome?

  1. KTP atau Foto Copy KTP an. pemilik Indihome;
  2. Pelunasan tagihan bulan sebelumnya;
  3. Melunasi tagihan bulan berjalan;
  4. Mengumpulkan kembali semua perangkat milik Indihome untuk di kembalikan;
  5. Materai 6.000 Ribu;

Berikut saya tuliskan penjelasan dari kelima syarat di atas:

Baca Juga:   6 Tips Memilih Laptop Untuk Editing Video

KTP atau Foto Copy KTP An. Pemilik Indihome;

Maksudnya adalah, Anda harus menyiapkan KTP yang terdaftartas pada saat awal Anda melakukan registrasi, Jika yang terdaftar adalah Istri atau Orang tua, maka KTP mereka yang harus disediakan.

Hal ini teteap berlaku sama jika Anda datang langsung ke Kantor Plasa Telkom.

Jika yang Terdaftar bukan Anda, sedangkan Anda yang melalukan pemberhentian langganan di kantor cabang misalnya, maka Anda tetap harus membawa KTP pemilik nama indihome beserta surat kuasa yang bertanda tangan di atas materai.

Pelunasan Tagihan Bulan Sebelumnya;

Untuk pelunasan tagihan bulan sebelumnya; adalah, Anda harus melunasi pemakaian yang telah Anda pakai sebelumnya.

Contoh,

Anda mengajukan putus kontrak berlangganan dengan Pihak indihome Tanggal 15 Bulan April, maka Anda harus melunasi terlebih dahulu tagihan bulan Maret. Kenapa demikian? karena Sistem langganan Anda selama ini adalah pakai dulu baru bayar!. Begitu kira-kira analoginya 😉

Melunasi Tagihan Bulan Berjalan;

Melunasi tagihan bulan berjalan; Ini yang sering ditanyakan banyak orang sebelum mutuskan kontrak pemberhentian langganan indihome.

pelunasan atau melunasi artinya membayar utang hingga lunas.

Loh ko bisa?

iya, ini juga berkaitan dengan penjelsan saya pada poin ke dua di atas. Namun Anda tidak akan membayar penuh 2 bulan, tetapi Anda hanya akan membayar sesuiai pemakaian.

Lantas bagaimana cara perhitungannya? misalnya pada tanggal 15 april itu Anda mengajukan untuk berhenti langganan baik pengajuan secara langsung maupun online.

Maka Anda harus membayar terlebih dahulu pemakaian sebelumnya di bulan berjalan.

Bagaimana Cara menghitung pelunasan tagihan bulan berjalan Indihome? Simak baik baik ya,.!

Misalnya, tagihan Anda selama ini Rp. 380.000/bulan, maka yang harus Anda lunasi pada tanggal tersebut = (380.000/30) * 15 = Rp. 190.000,- . Jika belum paham tinggalkan komentar Anda.

Pengembalian Perangkat Indihome dan Materai

Karena perangkat yang kita terima semua merupakan sewaan, jadi harus dikembalikan pada saat putus kontrak.

Ini merupakan proses terakhir, dimana setelah Pihak I dalm hal ini kita sendiri telah menyelesaikan semua proses di atas, maka tugas kita adalah mengembalikan barang pinjaman tersebut beserta menandatangai pakta integritas di atas materai 6.000. Samapi disini Jelas kan..! 🙂

Baca Juga:   Cara Install Google HDR Camera APK - Night Sight di Galaxy S10

Ok, kita lanjutkan ke tahap selanjutnya.

Baca Juga: Cara Downgrade Paket Indihome Online 2020

 

3 Cara Berhenti Berlangganan Indihome

Setelah Anda memahami segala Syarat dan Ketentuan untuk berhenti menjadi pelanggan Indihome, maka ini menjadi opsi bagi Anda, untuk memilih 1 dari 3 cara terbaik menurut Anda.

Cara Berhenti Berlangganan Indihome Lewat Facebook atau Media Sosial Lainnya.

Cara Berhenti Berlangganan Indihome Lewat Facebook

Permintaan berhenti berlangganan lewat Facebook atau Media Sosial lainnya, biasanya menjadi pilihan untuk orang-orang yang mempunyai kegiatan atau pekerjaan pada hari kerja biasanya.

Jika kamu adalah salah satunya, maka ini merupakan pilihan tepat untuk Anda. Maka kamu tinggal ikuti saja langkah-langkahnya.

Yang Pertama,

Hubungi mereka melalui DM dan sampaikan permintaan Anda.

Sebelum Anda diberitahu tentang Syarat pemutusan kontrak, maka si CSnya terlebih dahulu akan meminta sejumlah data antara lain Nomor Indihome (Nomor Telepon / Nomor Internet), Alamat Email terdaftar, Nomor HP, dan salinan KTP untuk keperluan Validasi data pelanggan.

Pada tahap ini, sebelum adan diberitahukan langkah selanjutkan, maka si SC nya akan mengonfirmasi kembali, apakah Anda yakin atas permintaan tersebut,?? (dll).

Jika Iya, maka Anda akan disodorkan sejumah Syarat dan Ketentuan cara berhenti berlangganan Indihome. Setelah Anda menyetujui semuanya, dan telah melunasi semua yang harus dibayar, maka proses pemberhentian akan di proses.

Pada biasanya, prosesnya tidak kurang dari 1×24 jam. Jadi selama Anda masih bisa mengakses internet dan layanan Indihome lainnya, berarti proses pemutusannya sementara berjalan.

Dan pada akhirnya dimana Anda tidak adapat lagi mengakses internet dan menggunakan aplikasi myIndihome, berarti prosesnya telah selesai.

Pada tahap ini, maka anda harus mengembalikan perangkat Indihome yang Adan pinjam. Jika Anda tidak sempat untuk ke kantor Plasa Telkom, maka biasanya petugas akan mendatanginya sendiri.

Menelepon Call Center 147

Menelepon Call Center 147

Sama halnya dengan berhenti berlangganan Indihome lewat Facebook, menghubingi Call Center 147 Anda akan di konfirmasi serta harus menyetuji Syarat dan Ketententuan tertulis.

Baca Juga:   Cara Blokir Wifi Indihome FiberHome Dengan Mac Address

Perlu diketahui bahwa, menghubungi Call Center 147 anda akan dikena biaya sebesar Rp. 1.000/Menit. Silahkan Anda hubungi, dan sampaikan apa yang menjadi keinginan Anda. Selanjut maka akan di arahkan sepeti pada cara pertama.

Datang Langsung Ke Plasa Telkom

Cara ini saya sarankan untuk anda yang mempunyi waktu 1 sampai 2 jam pada hari kerja. Karena disana anda akan lebih puas mendapatkan penjelasan tentang syarat berhenti berlangganan Indihome.

Siapkan berkas seperti yang telah saya tulis di atas serta bawa peralatan telkom pada saat anda ke sana. Dan Ingat, Jam Operasional Plasa Telkom adalah Hari Senin 08.00-14.00 sd. Sabtu 08.00 – 12.30.

Setibanya disana, jangan lupa untuk mengambil nomor antrian. Setelah anda menceritakan maksud dan tujuan Anda, maka Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang tersedia.

Siapakan KTP, Materai dan Alat Indihome. Btw, jika anda lupa membeli materai, mereka di sana mejual materai juga.

Setelah semuanya rampung, maka Anda harus menyelesaikan semua yang perlu di selesaikan, termaksud tagihan bulan sebelumnya, dan bulan berjalan.

Baca Juga: Cara Mengetahui Orang Yang Menggunakan Wifi Indihome Kita

 

Bagaimana Cara Berhenti Langganan Indihome Tanpa Bayar?

Mungkin ini yang sering dicari tahu oleh orang-orang yang ingin berhenti berlangganan Indihome. Jadi memang pada dasarnya untuk berhenti langganan Indihome itu gratis dan tanpa bayar.

Adapun ada administrasi yang berbentuk biaya palingan hanya materai 6.000 saja.

Yang menjadi pertanyaan, Lalu biaya bulan berjalan bagaimana? 

Berdasarkan hasil pertayaan saya kepada petugas Customer Service Indihome, Agar tidak dikenai biaya bulan berjalan, maka pada akhir bulan ada matikan modem anda (cabut kabel), agar tidak ada aktivitas di nomor indihome kita.

Jadi tanggal 2 atau 3 bulan berikutnya anda lagusung bisa mengajukan berhentian langganan.

Mungkin Anda akan bertanya, kenapa bukan tanggal 29 atau tanggal 30 saja berhentinya?

Jawabannya,

karena pada tanggal tersebut e-billing untuk tagihan bulan tersebut belum keluar. Jadi Anda harus menunggu samapi tagihan anda keluar, dan ini biasanya antara tanggal 2 sd. tanggal 5.

Kesimpulan

Jika Anda sedang berniat untuk berhenti kontrak dengan Indihome, maka anda dapat memilih 1 dari 3 cara berhenti langganan Indihome pada artikel ini. Carilah cara yang Anda anggap memudahkan Anda.

Apakah itu ingin cara Online ataupun Offline, tetap saja tujuannya cuman satu, yaitu ingin berhenti berlangganan. Namun perlu di ingat, ada beberapa Wilayah yang tidak bisa mengajukan berhenti melalui Online atau Call center 147, salah satunya di daerah saya. 😉

Semoga bermanfaat.

44 thoughts on “Cara Berhenti Berlangganan Indihome Tanpa Bayar”

  1. bang mau nanya agar ga bayar buat berhenti langganan detailnya gimana?, soalya kemarin tgl 27 mei ke plasa untuk berhenti langganan bilang k csnya mulai tgl 29 mei karena susuruh balik bawa router/modem tapi ko diminta untuk bayar total sebesar 250k ya padahal bulan mei saya sudah bayar tanggal 19 mei, apa saya berhenti tgl 2-5 juni saja bang?

    Reply
  2. Kak, kan saya hari ini, 3 Oktober, mau berhenti berlangganan. Terus saya bayar tagihan yg bulan lalunya 400rb. Tapi saya disuruh bayar full 400 juga untuk bulan Oktobernya. Padahal alatnya sudah saya matikan, ga pernah nyala dari bulan lalu. Itu beneran harus bayar full untuk bulan Oktobernya kak? Padahal ini juga masih tanggal 3

    Reply
    • GA,, yang kalaupun di bayar bulan berjalan, palingan bayar pemakaian dari tgl 1 hingga tgl 3.
      namun jika modemnya mati berarti tidak ada pemakaian dan tidak wajib bayar.

      Reply
  3. sebelum nya sya sdh pernah lapor untuk pemberhentian layanan indihome di karenakan pindah rumah . sya sdhl lapor ke pihak indihome tapi ga pernh ada datng orng untuk mencabut modem nya sampai saya pindah rumah . dan ga lama sya cabut karna ada org yg mau tempatin tempat tinggal sya . dan skrg sampai saat ini masih suka datang pemberitahuan sms untuk pelunasan . kenapa ya harus berjalan terus pembayaran tagihan semakin menumpuk. padhal sya sdh pernh melaporkan.

    Reply
    • Untuk Kasus seperti ini, saya pertanya tanya langsung ke plasa telkom.. saran yang mereka sampaikan adalah,
      1. kalau sudah kita tidak gunakan lagu, jangan biarkan modem menyala, usahakan sebelum masuk awal bulan, modem sudah di cabut.. kalau petugasnya ga datang, kita cabut sendiri lalu bawa ke plasa.
      kenapa harus di cabut dan dibawah ke sana. karena indihome ini dai sistem tagihan, pake ga pake tetap kita kena bayar… 11/12 dennga bpjs, kartu telkom dll.
      kalau bapak hanya cabut sj dan tidak laporkan kesana, maka tagihan akan berjalan terus.
      2. sy juga mengalami hal yang sama dengan bapak,, ketika sy pindah di kampung ternyata rumah yang sy tempati ini blm tercover jaringan. namun orng yang menempati rumah yang baru ini mau melanjutkan pemakaian internnya. jadi skrg org baru ini lah yang pake.
      3. abaikan saja pak.. namun resikonya kalau bpk mau pake indihome lagi dengan pasang baru, harus menggunakan nama / nik org lain, karena kalau bpk masih menggunakan identitas yang sama dengan sebelumnya, maka bpk harus melunasi dulu tagihan sebelumnya.

      mungkin itu yg sy bisa sampaikan pak.

      Reply
  4. Bang saya mau tanya.
    Kebetulan nama pemilik wifi indihome dirumah orangtua saya adalah nama KAKAK saya. Tapi yang bayar tagihannya tiap bulan itu SAYA. karna KAKAK saya udah ga tinggal dirumah jadinya saya yang bayar tagihannya tiap bulan. Trus saya mau berhenti berlangganan trus mau pasang lagi dengan nama saya dan alamat yang sama apakah bisa? Dan apakah kalo misalnya udah berhenti berlangganan kabel fiber optiknya bakal di cabut juga ga?

    Reply
  5. Bang dikosan, saya sama teman2 bareng masang Indihome trus karena sudah lulus kami sudah pindah kosan trus itu gimana yah modemnya masih di kosan yg lama apakah harus dikembalikan modemnya ke Plasa Telkom,tapi tagihan terakhir sudah kami bayar semua ,cuma modemnya belum dikembalikan ke Plasa Telkom..

    Reply
    • ia pastikan dulu, bahwa tagihan terakhir itu tagihan sudah langsung di putuskan. sebab klo blum diputuskan dan blm ttd materai berarti itu blm di putusin.

      tp klo sudah di putusin, ga papa mau balikin atau tidak tidak jadi masalah ko.
      cuman klo blm putusin, maka waktu balikin ke plasa pasti akan di tagih itu..

      Reply
  6. Bang kalau mau putus wifi tapi baru make 5 bulan, itu denda gk ya bang?
    Ada caranya gk bang biar bisa putus wifinya tapi enggak denda bang?

    Reply
  7. Bang ini saya kan langganan indihome mulai bulan july 2020. trus bulan maret ini mau mutus layanan indihome nya. apa nanti kena denda 1,5jt apa ngak ya kalau langsung dateng ke plasa telkom nya sambil bawa router nya?
    Alasan mutus layanan karena pindah tempat tinggal

    Reply
    • ga ada denda2 klo indihome,
      tp yang harus di bayar adalah tagihan berjalan, tgl 3 ini kan biasanya billing tagihannya sudah ada kan? maka segera di bayar tagihan bulan februari lalu dan tagihan berjalan yaitu tgl 1 sd tgl 3 bulan maret ini.

      Reply
  8. Kak…bln february sy sdh byar lunas trs tgl 1 maret sy lpor pmutusan trs sruh byar rp13.640 itu jg sdh sy byar la ini d sruh byar lg 423000
    Seandainya saya tidak bayar yg 423rb itu apa saya ttp d kejar ka

    Reply
    • di pastikan dulu, yang di bayar bulan februari itu tgl berapa? kalau bayar nya dari tgl 3 misalnya sampai dengan tnggal 20, maka itu adalah pembayaran bulan januari.
      sperti yang telah sy tulis di atas, bahwa indihome ini sistemnya kita pakai dulu baru bayar kan?

      jadi kalau benar bahwa yang adek bayar itu sebelum tgl 20 bulan februari, maka berarti km itu sedang melunasi tagihan bulan januari.

      Misalnya:
      kan kamu mau putus tgl 1 maret & di minta Rp. 13.640 dari indihomenya, maka kemungkinan itu sudah benar. karena kalau di hitung misalnya 13.640×30 hari maka tagihan/bulan adalah Rp.409.200.

      Lanjut
      Rp. 409.200 adalah tagihan bulan februari
      kemudian tagihan bulan maret kan 1 hari ya?? berarti Rp.13.640
      jd total tagihan yang harus di bayar adalah 409.200+13.640 = 422.840, dan mungkin mereka genapan menjadi 423.000, sehingga yang mereka minta seperti tagihan yang adek tulis itu.

      Reply
      • Trs kak…klo saya tidak lapor lagi atau main hilang dari tanggung jawab atas pmbayaran apa kemudian hari saya tetap d kejar sm pihak indihome
        Krna saya sdh melalukan tnda tngan elektrik saat meminta pemutusan lngganan

        Reply
      • Bang awal bulan pertama menggunakan indihome di suruh bayar 250 rbu, terus setiap bulan berlangsung membayar sesuai dengan paket indihome yg sya ambil. Kalo kata abang kan sistem nya pakai dulu baru bayar, terus saya bayar di awal an itu 250 rbu, ketika ingin berhenti makai wifi apa di kembalikan atau gimana bang ? Dan kalo di kembalikan apa ada persyatan tertentu nya ?

        Reply
  9. Kak…saya sdh tanda tngan elektrik sama uplod fto untk meminta pemberhentian langganan tapi saya melunasi tangihan
    Klo seandainya saya tidak melunasi tagihan bulan berjlan apa saya tetap di kejar ka
    Mkasih kak

    Reply
  10. Bang awal bulan pertama menggunakan indihome di suruh bayar 250 rbu, terus setiap bulan berlangsung membayar sesuai dengan paket indihome yg sya ambil. Kalo kata abang kan sistem nya pakai dulu baru bayar, terus saya bayar di awal an itu 250 rbu, ketika ingin berhenti makai wifi apa di kembalikan atau gimana bang ? Dan kalo di kembalikan apa ada persyatan tertentu nya ?

    Reply
    • oh,, disitu berlangganannya sudah menggunakan sistem baru indihome ya?
      uang deposit awal, atau uang jaminan saja. dan benar uang deposit itu akan dikembalikan jika berhenti berlangganan nanti.
      atau tidak akan dikembalikan jika pada saat berhenti nanti masih ada tagihan yang belum dilunasi maka akan di potong di deposit tadi.

      Reply
  11. bang mau berhenti berlangganan tapi belum bayar bulan februari, cuman pas awl bulan maret udah gk di idupin itu routernya, nah kalo berhenti kira-kira harus bayar 2 bulan atau cuman bayar bulan februari saja atau bagaimana, karena dibulan maret sudah tidak menggunakan lagi .. tapi tagihan tetap ada

    Reply
    • Kalau untuk bulan februari pastinya wajib di bayar ya gan,
      cuman untuk maret ini tergantung nogonya agan saja sama mbak-mbak cs nya disana.

      karena mereka tdak akan menagih klo info yang kita berikan jelas..

      Reply
  12. Bang sy kan udh ajuin pemutusan awal pebruari, tp smpe maret msih ada tagihan jd 2 bln plus denda, kok bisa ya msih ditagih? Apa sy biarkan aja gitu? Krn sy pikir kan sy ada deposit di awal udh aja itu buat bayar bln pebruari, klo maret harusnya udh ga ditagih, aap resikonya klo sy biarkan aja bang? Apa bisa ke jalur hkm?

    Reply
    • klo pemutusannya sudh sesui jalur baru indihomenya masih nagi bgt,
      cs nya yang perlu di marahin..

      karena pelanggal waktu ajuin pemutusan kontrak kan sudah ada aturannya, sudah ttd di atas materai kan..

      memang ga ada resiko sih, cuman kalau klo mau langganan lagi, sis harus bayar dulu tagihan itu.

      jadi solusinya ke plaza telkom sj. lalu klarifikasi biar clear.

      Reply
  13. Sejak bulan januari saya sudah tidak pernah menyalakan modem dan indihometv (listrik mati) tapi kabel modem masih terpasang dan rencana saya untuk berhenti berlangganan untuk bulan januari sy sudah bayar untuk tagihannya sementara sekarang saya masih tetap ditagih untuk bulan februari sementara saya mau berhenti berlangganan karena lokasi pemasangan diruko semntara dari desember tidak dipakai berjualan apa bisa tagihan februari tidak dibayar dan saya minta berhenti berlangganan?

    Reply
    • bisa om..
      sebutkan saja alasannya, bahwa modem sejak awal februari sudah tidak menyala.
      serta perlihatkan di aplikasi myindihome pemakaian bulan2 sebelumnya. karena kalau misalnya masih tetap kita pakai itu internet atau tv, berarti kuota otomatis akan berkurang.
      jadi saran saja, silahkan langsung ke plasa atau via hub via tlpn sj. cuman klo via tlpm biasanya lama.
      bawa dengan materai 6000.

      Reply

Leave a Comment