Kenapa J&T Lebih Cepat Daripada Jasa Expedisi lainnya

Belakangan ini, saya sering menerima paket maka saya perlu layanan pengiriman yang lebih cepat sampai dan tidak perlu untuk proses pengiriman. Dan Waktu mencoba beberapa layanan ekspedisi maka pilihan saya jatuh pada J&T Express. Memang sih J&T ini belum banyak dimiliki oleh masyarakat dan jaringannya pun belum termasuk milik JNE atau pun POS, misalkan. Namun yang membuat J&T lebih berbeda dari expedisi lainnya adalah sistem alur pengirimannya yang lebih rapi.

J&T sendiri ketika membandingkan dengan Perusahaan expedisi lainnya tentu saja sangat berbeda tapi untuk masalah ketepatan waktu dan sistem kerja-nya lebih sistematis dan terjadwal sehingga orang awam pun dapat dengan mudah memahami. Karena tersistem secara keseluruhan maka proses pergerakan paket dapat dipantau dan diprediksi kapan saja sampai pada tujuan (Force Majeure).

Kenapa J&T Lebih Cepat Daripada Jasa Expedisi

Drop Point J&T

Yang lebih bedanya lagi dengan lainnya adalah dengan tidak ada agen dengan sistem waralaba mana setiap orang dapat menjadi mitra untuk agen yang masing-masing-masing. Expedisi yang satu inimemiliki sistem sentralisasi agen yang disebut Drop Point yang menggunakan hub (penghubung) antara pengiriman dan pengantaran paket dari pelanggan.

Drop Point ini terletak di setiap kecamatan dan untuk kota besar bisa lebih dari satu. Misalkan untuk Kota Baubau sendiri, Drop Point J&T sudah 3 kecamatan jadi akses pengiriman dan pengantaran paket ke alamat tujuan jadi lebih dekat.

Setiap Drop Point J&T di kecamatan memiliki sprinter atau kurir-nya masing-masing sehingga tidak ada istilah Drop Point hanya sebagai tempat untuk menerima paket saja.

Pengiriman / Pengantaran Yang Terjadwal

Memang setiap layanan ekspedisi pengiriman pasti memiliki aturan pengiriman dan penganturan yang terjadwal tetapi J&T yang saat ini mungkin paling tepat waktu pengiriman. Setiap paket yang tiba di jam kerja langsung diteruskan ke Drop Point atau langsung diantarkan oleh kurir jika telah sampai di Drop Point.

Untuk memudahkan ilustrasi. Dapatkan paket pengantaran untuk salah satu paket kiriman saya;

paket pengiriman dan pengantaran

Berdasarkan cek resi J&T di atas pada tanggal 17 April 2018 paket kompilasi tiba di Baubau pada jam 12.38 WIB tak sampai 1 jam kemudian paket langsung diantarkan ke Drop Point Betoam-bari (12:50 WIB) dan pukul 13:37 paket tiba di Drop Point terdekat dengan tempat tinggal saya.

Nah, disini adalah kunci dari sebuah layanan pengiriman! Berselang 20 menit paket yang tiba di Drop Point langsung diantarkan oleh sprinter (kurir) Drop Point ke rumah tanpa pending atau ditunda ke hari berikutnya. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan Jasa yang Diperoleh Lainnya, misalkan, yaitu jika paket tiba di siang atau sore hari maka paket tidak akan langsung diantarkan dan disimpan sebelum disimpan di gudang penyimpanan.

Dan paket besoknya ditugaskan ke kurir yang siap untuk diantar. Masalahnya nanti, contohnya seperti JNE, banyak kurir JNE yang lama mengantarkan paket ke alamat tujuan (bisa berhari-hari kemudian), ini pengalaman saya sendiri. Bahkan untuk J&T ini pernah paket saya tiba tiba dalam waktu 3 hari saja dari Jakarta. Ini kan Luar Biasa … !! ini yang menjadi J&T lebih cepat dari pada yang lain,

Oleh sebab itu, untuk sekarang jika harus melakukan pengiriman paket / barang saya mengutamakan pakai J&T dari ekspedisi yang lain, kecuali untuk pengiriman CTC (Kota Ke Kota) antar kota di provinsi saya masih setia menggunakan Pos Indonesia yang telah terbukti 1 hari sampai .

Demikianlah sedikit cerita pengalaman saya tentang mengapa J&T lebih cepat dari yang lain! Semoga layanan dan kualitas tetap terjaga dan tidak semakin besar dan populernya J&T di kemudian hari.

1 thought on “Kenapa J&T Lebih Cepat Daripada Jasa Expedisi lainnya”

Leave a Comment